Kebijakan IP umum, termasuk pedoman tentang pengungkapan IP dan kepemilikan IP oleh kontraktor; perjanjian kerahasiaan pro-forma, perjanjian R&D dan perjanjian kolaborasi; dan klausul kepemilikan IP yang sesuai dalam kontrak, termasuk kontrak karyawan, perjanjian manufaktur / penjualan.

4) Pasar Asing

Setelah Anda mengetahui opsi haki yang tersedia untuk melindungi kekayaan intelektual Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan uji tuntas terhadap calon mitra asing dan menentukan di mana perusahaan yang serupa dengan Anda pernah mengalami masalah kekayaan intelektual.

Jika Anda melakukan, atau berniat melakukan, bisnis di pasar luar negeri, terutama di negara-negara di mana pelanggaran kekayaan intelektual sering terjadi, Anda harus mempertimbangkan dengan baik untuk mengajukan paten dan merek dagang Anda serta terjemahannya yang relevan dengan lembaga pemerintah yang sesuai di setiap negara tempat perlindungan dicari.

Di beberapa negara, pihak pertama yang mengajukan aplikasi dapat mencegah orang lain mendaftar dan mendapatkan perlindungan hukum untuk paten atau merek dagang yang sama. Sebagian besar negara tidak mengharuskan Anda mendaftarkan hak cipta Anda sebelum memberlakukannya, tetapi pendaftaran di lembaga pemerintah yang sesuai sangat disarankan karena memberikan beberapa keuntungan seperti bukti kepemilikan.

5) Pantau hak IP Anda

Setelah Anda memiliki pendaftaran kekayaan intelektual Anda yang disetujui oleh pemerintah yang sesuai, Anda harus bekerja menjaga catatan sehingga Anda dapat menegakkan hak kekayaan intelektual Anda. Ini berarti bahwa jika Anda menyimpan dokumentasi historis yang memadai yang tidak diragukan lagi menetapkan hak Anda atas hak-hak tersebut, Anda memiliki peluang lebih baik untuk menang dalam sengketa hak kekayaan intelektual. Jika Anda memiliki bukti yang memadai tentang hak kekayaan intelektual Anda, lembaga pemerintah akan membantu Anda menegakkan hak Anda sesuai dengan hukum.

Penting juga bagi Anda untuk mencatat salinan perjanjian lisensi dengan badan administratif, di tingkat nasional dan lokal, karena di sebagian besar negara, badan administratif ini memiliki kewenangan untuk menyita dan menghancurkan barang palsu dan mengenakan denda.

Pengetahuan tentang hak kekayaan intelektual dan pemahaman tentang dasar-dasar hak cipta, merek dagang, dan paten sangat penting di pasar global saat ini. Namun, banyak perusahaan gagal mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk sepenuhnya melindungi aset kekayaan intelektual mereka yang berharga. Menurut lembaga pemerintah, lebih dari $ 500 miliar penjualan global yang sah hilang setiap tahun karena barang palsu. Anda mungkin tidak memiliki upaya hukum terhadap imitasi jika pemalsu adalah yang pertama mendaftarkan nama, logo, atau desain produk perusahaan Anda, di antara kekayaan intelektual lainnya, di negara asing lainnya.

Ini adalah kesalahpahaman umum di antara banyak pemilik bisnis bahwa perlindungan merek dagang diperoleh dengan pendirian atau dengan mengajukan kemitraan atau nama bisnis yang diasumsikan. Namun, pengarsipan nama bisnis seperti itu tidak melindungi nama bisnis Anda sebagai merek dagang. Hanya pendaftaran federal untuk merek dagang Anda yang memberikan jaminan bahwa Anda dapat menggunakan nama Anda di pasar perdagangan antar negara bagian.

 

 

HAKI: Kekuatan Merek Produk

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *