Selain makanan dan baju, mainan juga jadi kebutuhan penting bagi anak. Lewat mainan anak akan belajar banyak hal dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Salah satu mainan yang bisa digunakan untuk mengeksplorasi kemampuan anak adalah Lego. Mainan ini asyik dimainkan juga bisa mengembangkan imajinasi bagi si kecil.

Memilih Mainan

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua mainan harus dibeli oleh orang tua. Tidak semua jenis mainan yang diminta anak bisa diberikan. Berikut adalah 5 tips efektif memilihkan mainan untuk buah hati tersayang:

  • Sesuaikan dengan Usia

Pertama, sesuaikan jenis mainan dengan usia anak. Di setiap tahap usianya, anak akan berkembang sesuai dengan kategori masing-masing. Kemampuan anak untuk bermain juga berbeda-beda di setiap usia. Pilihlah jenis mainan yang bisa dimainkan oleh anak di tahap usianya tersebut.

  • Pilih yang Berkualitas

Ketika membeli produk mainan, pilihlah berdasarkan kualitasnya. Jangan hanya mementingkan kuantitas mainan atau memenuhi keinginan anak. Jika mainan yang dibeli punya kualitas maka akan lebih awet dan membuat anak bisa memainkannya lebih lama.

 

Ada harga tentu ada juga kualitas. Jangan ragu untuk mengeluarkan lebih banyak uang demi mendapatkan mainan yang kualitasnya asli. Misalnya untuk jenis mainan Lego, saat ini ada banyak produk tiruannya yang tentu tidak sebagus produk asli. Ajarkan kepada anak kebiasaan menabung terlebih dahulu sebelum membeli mainan yang bagus.

  • Pastikan Keamanannya

Berikutnya jangan lupa perhatikan juga segi keamanannya. Pastikan mainan yang dibeli aman untuk dimainkan. Perhatikan desain mainan apakah punya bagian yang berbahaya seperti bagian yang runcing, misalnya. Pastikan juga bahan pewarna yang digunakan tidak berbahaya dan aman untuk berkontak dengan anak-anak.

  • Ketahui Manfaatnya

Pilihlah jenis mainan yang dapat memberikan beragam manfaat. Setiap mainan punya cara masing-masing untuk dimainkan dan pasti ada fungsinya sendiri-sendiri. Pelajari dulu detail produk mainan yang akan dibeli. Cari tahu seperti apa cara memainkannya dan apa saja manfaatnya bagi perkembangan si kecil.

 

Pastikan bahwa setiap mainan yang dibeli bisa bermanfaat bagi si kecil. Jangan asal membeli mainan karena lucu atau bagus saja. Mainan tersebut harus bisa membantu si kecil berkembang semakin cerdas karena bermain merupakan salah satu cara baginya untuk belajar.

  • Pilih yang Bervariasi

Hindari membeli mainan dengan jenis yang sama. Jika sudah punya jenis mainan tertentu maka cari jenis mainan yang lain. Semakin banyak tipe mainan yang dimainkan anak maka semakin luas pula dirinya mengeksplorasi kemampuan. Berikan anak mainan yang bervariasi supaya ia semakin kreatif saat memainkan semua mainannya.

 

Itulah tadi 5 tips yang bisa dicoba saat memilihkan mainan untuk anak. Orang tua bisa membeli mainan secara langsung atau menggunakan layanan toko perlengkapan bayi dan mainan online. Jangan lupa, biasakan juga anak untuk tidak lapar mata saat melihat mainan. Terapkan disiplin agar anak tidak terus-menerus meminta mainan baru sepanjang waktu.

 

Ini Dia 5 Tips Efektif Memilihkan Produk Mainan untuk Anak

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *