Mihrab (ceruk)
Elemen penting lain dari arsitektur masjid adalah mihrab—sebuah ceruk di dinding yang menunjukkan arah Mekah, tempat semua Muslim berdoa. Mekah adalah kota di mana Nabi Muhammad lahir, dan rumah dari situs Islam yang paling penting, Ka’bah. Arah Mekah disebut kiblat, dan dinding di mana mihrab diatur disebut dinding kiblat. Di mana pun sebuah masjid berada, mihrabnya menunjukkan arah Mekah (atau sedekat mungkin dengan arah itu menurut ilmu pengetahuan dan geografi). Oleh Masjid Terbaik Dunia karena itu, sebuah mihrab di India akan berada di barat, sedangkan di Mesir akan berada di timur. Sebuah mihrab biasanya merupakan ceruk yang relatif dangkal, seperti contoh dari Mesir di atas. Pada contoh dari Spanyol, gambar kiri, ceruk mihrab berbentuk ruangan kecil, ini lebih jarang.
Menara (menara)
Salah satu aspek yang paling terlihat dari arsitektur masjid adalah menara, sebuah menara yang berdekatan atau melekat pada masjid, dari mana adzan Jasa Kontraktor Kubah Masjid Enamel dikumandangkan.
Menara memiliki banyak bentuk berbeda—dari menara spiral Samarra yang terkenal, hingga menara pensil Turki Utsmaniyah yang tinggi. Tidak hanya berfungsi secara alami, menara juga berfungsi sebagai pengingat visual yang kuat akan kehadiran Islam.
Qubba (kubah)
Sebagian besar masjid juga memiliki satu atau lebih kubah, yang disebut qubba dalam bahasa Arab. Meskipun bukan persyaratan ritual seperti mihrab, kubah memang memiliki arti penting di dalam masjid—sebagai representasi simbolis dari kubah surga. Dekorasi interior kubah sering menekankan simbolisme ini, menggunakan motif geometris, bintang, atau tumbuhan yang rumit untuk menciptakan pola menakjubkan yang dimaksudkan untuk membuat kagum dan menginspirasi. Beberapa jenis masjid menggabungkan beberapa kubah ke dalam arsitekturnya (seperti di Masjid Ottoman Süleymaniye yang digambarkan di bagian atas halaman), sementara yang lain hanya menampilkan satu. Di masjid-masjid dengan hanya satu kubah, selalu ditemukan di atas dinding kiblat, bagian paling suci dari masjid. Masjid Agung Kairouan, di Tunisia (tidak digambarkan) memiliki tiga kubah: satu di atas menara, satu di atas pintu masuk ke ruang sholat.
Karena itu adalah fokus arah sholat, dinding kiblat, dengan mihrab dan mimbarnya, seringkali menjadi area masjid yang paling banyak dihias. Hiasan dinding kiblat yang kaya terlihat jelas pada gambar mihrab dan mimbar Masjid Sultan Hasan di Kairo, Mesir (lihat gambar di bagian atas halaman).

Kubah Masjid di Dunia

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *